Minggu, 08 Desember 2013

Program Perhitungan Penjualan Barang

Hasil Output Program Perhitungan Penjualan Barang:


Listing Programnya adalah berikut ini:
Public Class Form1

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        add_kodebarang()
        buat_tabel()
    End Sub
    Sub add_kodebarang()
        Kode.Items.Add("TS001")
        Kode.Items.Add("TS002")
        Kode.Items.Add("VG001")
        Kode.Items.Add("VG002")
    End Sub

    Private Sub Kode_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Kode.SelectedIndexChanged
        Dim x As String
        x = Microsoft.VisualBasic.Left(Kode.Text, 2)
        Select Case x
            Case "TS" : Merk.Text = "Toshiba"
            Case "VG" : Merk.Text = "V-Gen"
        End Select
        x = Microsoft.VisualBasic.Right(Kode.Text, 3)
        Select Case x
            Case "001" : nama_barang.Text = "Flasdisk 4GB"
            Case "002" : nama_barang.Text = "Flashdisk 2GB"
        End Select
        Select Case Kode.Text
            Case "TS001" : Harga.Text = 105000
            Case "TS002" : Harga.Text = 75000
            Case "VG001" : Harga.Text = 90000
            Case "VG002" : Harga.Text = 60000
        End Select
    End Sub

    Private Sub Jumlah_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles Jumlah.KeyPress
        If Asc(e.KeyChar) = 13 Then
            Total.Text = "Rp." & Harga.Text * Jumlah.Text
        End If
    End Sub

    Sub buat_tabel()
        Lv.Columns.Add("No Pembelian", 80, HorizontalAlignment.Center)
        Lv.Columns.Add("Kode Barang", 80, HorizontalAlignment.Left)
        Lv.Columns.Add("Nama Barang", 80, HorizontalAlignment.Left)
        Lv.Columns.Add("Merk", 100, HorizontalAlignment.Left)
        Lv.Columns.Add("Harga", 60, HorizontalAlignment.Left)
        Lv.Columns.Add("Jumlah", 60, HorizontalAlignment.Left)
        Lv.Columns.Add("Total Bayar", 80, HorizontalAlignment.Left)
        Lv.GridLines = True
        Lv.FullRowSelect = True
        Lv.View = View.Details
    End Sub

    Sub isi_tabel()
        Dim Lst As New ListViewItem
        With Lst
            .Text = Nomor.Text
            .SubItems.Add(Kode.Text)
            .SubItems.Add(nama_barang.Text)
            .SubItems.Add(Merk.Text)
            .SubItems.Add(Harga.Text)
            .SubItems.Add(Jumlah.Text)
            .SubItems.Add(Total.Text)
        End With
        Lv.Items.Add(Lst)
    End Sub

    Private Sub Btnsimpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnsimpan.Click
        isi_tabel()
    End Sub

    Private Sub btnhapus_dipilih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnhapus_dipilih.Click
        If Lv.SelectedItems.Count = 0 Then
            MsgBox("Pilih data di List Tabel")
        Else
            Lv.Items.Remove(Lv.SelectedItems(0))
        End If    
    End Sub

    Private Sub btnbersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnbersih.Click
        bersih()
    End Sub
    Sub bersih()
        Nomor.Text = ""
        Kode.Text = ""
        nama_barang.Text = ""
        Merk.Text = ""
        Harga.Text = ""
        Jumlah.Text = ""
        Total.Text = ""
    End Sub

    Private Sub btn_keluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_keluar.Click
        Me.Close()
    End Sub

    Private Sub btnhapussemua_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnhapussemua.Click
        Lv.Items.Clear()
    End Sub
End Class

Tidak ada komentar:

Posting Komentar